Kamis, 19 Januari 2012

Manfaat Wudlu Bagi Kesehatan

Suatu pekerjaan rutin kadang sekilas tanpak sebagai suatu pekerjaan yang sepele dan biasa-biasa saja. Seperti wudlu, pekerjaan yang menjadi salah satu prasyarat sahnya salat ini acap kali hanya dipandang sebagai pekerjaan rutin sebelum melaksanakan salat. Namun sebenarnya pekerjaan itu memiliki manfaat yang besar terutama bagi kesehatan.
Prof. Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria, menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudlu yang mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Hal itu ditemukan pada keselarasan basuhan air wudlu dengan titik-titik syaraf, sehingga dapat berefek pada kondisi tubuh akan senantiasa sehat.
Melalui penemuan ini pun Allah membukakan pintu hidayah baginya hingga dia terdorong untuk memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.
Nabi bersabda, “Siapa pun yang berwudlu dengan membaguskan wudlunya, keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya” (HR. Muslim). Beliau juga bersabda, “Sungguh umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudlunya” (HR. Bukhari dan Muslim).
Hadis ini jika dikaitkan dengan hikmah wudlu bagi kesehatan maka akan ditemukan bahwa berwudlu merupakan bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Anggota tubuh yang dibasuh air wudlu, seperti tangan, muka termasuk mulut, dan kaki, merupakan yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran. Karenanya wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh.
Orang yang mau berwudlu dan menyempurnakan wudlunya insya-Allah akan terhindar dari berbagai macam penyakit.berikut beberapa manfaat wudlu: 1) Istinsyaq dan istintsar (menghirup air melalui hidung dan mengeluarkan kembali) dapat mencegah penyakit pernafasan dan rongga hidung. Istinsyaq dan istintsar sedikitnya dapat menghilangkan 11 bakteri membahayakan yang ada di dalam hidung, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya penyakit saluran pernapasan atau ISPA dan penyakit rongga hidung.
Menurut penelitian ilmiah, hidung manusia terjaga dari berbagai kotoran dan debu selama 3 sampai 5 jam. Berarti setelah 5 jam hidung akan kotor kembali. Berwudlu secara rutin akan membuat hidung akan selalu bersih dan sehat. Air yang dimasukkan ke hidung pada kali pertama dapat membersihkan hidung dari 1/2 kuman, yang kedua dapat menambah 1/3 kebersihan hidung, dan yang ketiga akan menjadikan hidung benar benar bersih dari kuman.
2) Basuhan air wudlu dapat berfungsi sebagai terapi akupuntur. Dalam tubuh manusia terdapat titik-titik akupuntur yang sangat beragam mulai dari kepala sampai ujung kaki. Titik-titik ini apabila kena rangsangan akan menimbulkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Rangsangan dapat berupa basuhan, gosokan, tekanan dan usapan.
Dalam berwudlu, setidaknya ada 493 titik akupuntur yang terkena basuhan air. Semua titik tersebut tersebar ke beberapa anggota wudlu seperti wajah 84 titik, tangan 95 titik, kepala 64 titik, telinga 125 titik dan kaki 125 titik.
Selain terapi akupuntur wudlu juga dapat berfungsi sebagai terapi hydromassage. Dalam ilmu kedokteran modern ada istilah hydromassage atau pijat air (pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan). Ketika berwudlu saat membasuh wajah dan tangan, maka pijatan air akan memberi efek positif pada usus, ginjal, sistim saraf dan organ reproduksi.
Ketika membasuh kaki kirinya, hal ini akan berdampak positif pada kelenjar pituitary otak, hal ini mengatur fungsi fungsi kelenjar endokrin. Dan ketika membasuh telinganya dan memijat bagian-bagiannya secara tidak langsung telah menekan ratusan titik-titik biologis pada daun telinga yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit.
3) Wudlu akan menjadikan pikiran mudah berkonsentrasi. Kesucian dan kesejukan yang ditimbulkan oleh air wudlu dapat membangkitkan kosentrasi dalam pelaksanaan salat, karena air wudlu dapat menstimulir lima panca indra yakni mata, telinga, hidung, mulut tangan dan kaki.
4) Wudlu dapat memperlancar aliran darah. Pada saat berwudlu darah mengalir sangat lancar ke daerah seputar wajah, kedua tangan dan telapak kaki. Lancarnya aliran darah pada seluruh tubuh akan membuat kelenjar kulit bekerja. Tugas kelenjar kulit ini adalah menyedot darah-darah kotor dan membuangnya keluar tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah halus yang terletak di permukaan kulit, begitu darah kotor itu keluar, air wudlu akan membersihkannya.
5) Wudlu dapat membersihkan kulit dari bakteri. Bagian-bagian tubuh yang terkena air wudlu adalah bagian tubuh yang terbuka. Bagian-bagian ini acap kali dihinggapi berbagai macam kuman penyakit. Kehadiran kuman-kuman tersebut akan menambah kuman-kuman yang memang sudah lebih dulu menempel pada kulit. Kuman-kuman tersebut apat dibersihkan dengan  air wudlu.
6) Wudlu dapat membuat kulit wajah tampak cerah dan bercahaya. Perempuan jaman sekarang banyak yang gemar menghabiskan banyak uang hanya untuk pergi ke salon kecantikan, SPA dll, untuk facial. Padahal berwudlu setiap saat sekaligus merupakan perawatan kulit dan wajah agar tampak bersih dan sehat.
7) Wudlu dapat mencegah kanker kulit. Mokhtar Salem dalam buku Prayers a sport for body and soul menjelaskan, bahwa wudlu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kemudian, apabila dibersihkan dengan air (terutama saat wudlu), bahan kimia itu akan larut. Selain itu, jelasnya, wudlu juga menyebabkan seseorang menjadi tampak lebih muda.
Dan 8) Wudlu fapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dengan menggosok gigi (bersiwak) dan berkumur saat berwudlu, kebersihan dan kesehatan dalam rongga mulut dan gigi akan sangat terjamin sehingga mulut menjadi segar bersih dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar